Blogramadotnet

Beranda » Mata Kuliah SISKOM Ismana » Jaringan Komputer

Jaringan Komputer

Buka-Bukaan

  • 36,554 hits
Februari 2013
S S R K J S M
    Mar »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728  

Masukkan alamat surat elektronik Anda untuk mengikuti blog ini dan menerima pemberitahuan tentang tulisan baru melalui surat elektronik.

Bergabunglah dengan 418 pengikut lainnya


Untitled

Kuliah di ilmu komputer tidak terlepas dari komputer,jaringan dan pemprograman. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang Jaringan Komputer di mana para pemakai bahkan yang kuliah di komputer saja ada yang tidak tahu dan tidak menyadari bahwa mereka sudah atau sedang menggunakan jaringan komputer. Ketika dosen saya memberi pertanyaan “Pernahkah anda menggunakan jaringan komputer ?”, dia menjawab “tidak pernah”. Padahal kuliah di sistem komputer dan tiap hari menggunakan jaringan komputer yaitu jejaring sosial atau biasa di panggill Facebook.

Definisi Jaringan Komputer

Jaringan komputer adalah  suatu sistem yang terdiri dari beberapa komputer yang dirancang sedemikian rupa sehingga bisa saling berbagi sumber daya, printer, komunikasi, dan akses informasi. Sama seperti pekerjaan freelancers, jaringan komputer pun memiliki istilah server dan client. Dalam sistem jaringan komputer dikenal dengan istilah server dan client.Server adalah komputer yang memberikan atau mengirimkan layanan, sedangkan client adalah komputer yang meminta atau menerima layanan. Jadi dalam sebuah sistem jaringan komputer, pastilah terdapat satu komputer sebagai server dan beberapa komputer sebagai client.

Manfaat Jaringan Komputer

Bicara masalah jaringan komputer, apa sih keuntungannya ? Banyak sekali keuntungannya, tapi pada prinsipnya keberadaan jaringan komputer memungkinkan kita untuk berbagi data dan informasi secara lebih mudah dan cepat. Untuk memberikan ulasan yang lebih jelas, berikut dapat dipaparkan keuntungan dari adanya sistem jaringan komputer.

1. Mempermudah Komunikasi

Komunikasi memiliki peran penting dalam menunjang pelaksanaan kerja. Pada lingkungan kerja yang mempunyai struktur organisasi yang jelas, komunikasi dapat dibedakan menjadi dua yakni top down communication (komunikasi dari atas ke bawah) dan bottom up communication (komunikasi dari bawah ke atas). Komunikasi dari atas ke bawah dimaksudkan proses penyampaian informasi dari pimpinan kepada bawahan. Sementara komunikasi dari bawah ke atas merupakan proses penyampaian dari bawahan ke pimpinan.

Berbeda kondisinya apabila tim kerja tersebut dilengkapi dengan sistem jaringan komputer dalam melaksanakan pekerjaannya. Adanya sistem jaringan komputer memungkinkan masing-masing anggota tim untuk bisa saling berkomunikasi via chatting menggunakan software instant message tertentu. Jika jaringan komputer dilengkapi dengan jaringan internet, maka hal tersebut akan lebih memudahkan proses komunikasi, karena setiap anggota tim kerja bisa saling berkomunikasi menggunakan software instant message yang bersifat online, seperti Yahoo Messenger, Gtalk, eBuddy, dan lain sebagainya. Namun apabila tidak, maka bisa menggunakan software instant messenger yang bersifat offline atau hanya berfungsi dalam jaringan komputer saja, seperti WinChat, Net Send, dan FomineNet. Komunikasi yang lancar bisa berpengaruh pada kecepatan kerja.

2. Mempermudah Sharing Data

Nah, bayangkan apabila proses pengiriman data tersebut harus melalui media penyimpanan data eksternal seperti USB flashdisk, hard disk eksternal, CD atau DVD, SD card, dan lain sebagainya. Hal tersebut jelas tidak praktis dan membuang waktu cukup banyak. Selain itu, proses pengiriman data tersebut bisa jadi justru mengganggu dan menghambat produktivitas kerja.

Keberadaan sistem jaringan komputer bisa mempermudah proses pengiriman data dari komputer satu ke komputer lain, karena sharing data sangat dimungkinkan. Dengan adanya jaringan LAN (Local Area Network), komputer yang bertindak sebagai server akan tersambung ke beberapa komputer yang bertindak sebagai client. Meskipun demikian, komputer yang berstatus client juga bisa saling terkoneksi.

3. Mempermudah Proses Pencetakan File

Selain sharing data, sistem jaringan komputer juga memungkinkan sharing peralatan penunjang seperti printer, scanner, dan lainnya. Jadi, penyediaan peralatan penunjang tersebut tidak perlu sesuai dengan jumlah komputer yang digunakan. Artinya, satu printer dan scannerbisa digunakan untuk beberapa komputer sekaligus. Sangat efektif dan efisien.

Keberadaan sistem jaringan komputer memang memiliki banyak keuntungan. Namun, di sisi lain juga memiliki kelemahan yang merugikan. Salah satunya adalah mudahnya penyebaran virus dan program-program jahat lain yang berpotensi mengganggu kinerja komputer bahkan merusaknya. Jika salah satu komputer terinfeksi virus, maka dalam waktu singkat virus tersebut juga akan menjangkiti komputer lain yang terkoneksi dalam satu jaringan. Meskipun demikian, kalian tidak perlu khawatir, karena serangan virus bisa dibasmi dengan software antivirus yang banyak beredar baik bersifat gratisan maupun berbayar.

Jadi, jika suatu saat nanti bisnis freelance Anda sudah semakin besar, manfaatkan jaringan komputer kayak perusahaan besar gitu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blogramadotnet

Foto-foto Flickr

La voie lactée

• A Storm At Sea For The Birds And Me •

Frozen lake

Lebih Banyak Foto
%d blogger menyukai ini: